KULIAH - 4 MANAJEMEN BAHAYA SISI JALAN
KULIA – 4
MANAJEMEN BAHAYA SISI JALAN
A. DEFINISI
MANAJEMEN BAHAYA SISI JALAN
adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengidentifikasi, membuat skala prioritas dan memberi perlakuan terhadap bahaya sisi jalan untuk meningkatkan keselamatan jalan dengan mengurangi kecelakaan dan atau tingkat keparahan kecelakaan.
|
|
ZONA AMAN
adalah b ahu/sisi jalan yang digunakan sebagai jalur darurat harus bebas dari hambatan yang bertujuan untuk mencegah terjadinya bahaya kecelakaan yang mengharuskan kendaraan berpindah dari jalan menuju bahu/sisi jalan
|
B. TUJUAN MANAJEMEN BAHAYA SISI JALAN
1.
kecelakaan yang disebabkan oleh hambatan
2.
Menjelaskan 3 macam barriers yaitu
a. Fleksibel (wire rope)
b. Semi Rigid (W-beam guard rail)
c. Rigid (Beton)
3.
Memberikan
petunjuk Memberikan gambaran umum tentang manajemen bahaya sisi jalan
4.
Membahas
mengenai penggunaan /penempatan barrier
C. STRATEGI MANAJEMEN BAHAYA SISI JALAN
Strategi manajemen bahaya sisi jalan yang dapat dilakukan adalah :
1.
Pastikan
kendaraan tetap melaju di jalan
2.
Penerapan
“forgiving roadside”
a.
Meniadakan potensi bahaya
·
Tebang pohon yang berpotensi menimbulkan
bahaya
·
Penanaman kabel listrik bawah tanah
·
Penggunaan tiang dengan metode Joint joint
|
|
b. Relokasi
bahaya
·
Idealnya direlokasi diluar zona aman
·
Relokasi ke posisi yang tidak mudah digapai
bermanfaat menurunkan tingkat resiko
c.
Perbaikan untuk menurunkan tingkat fatalitas
kecelakaan
·
Penggunaan tiang Lampu yang mudah patah (frangible)
·
Penggunaan “slip base”
·
Memiliki daya serap terhadap beban kejut
·
Penggunaan papan penunjuk arah yang mudah
roboh (frangible)
·
Driveable culverts (gorong-gorong/saluran
air)
|
|
d.
Perlindungan dengan menggunakan
barriers/attenuators
·
Fleksibel (wire rope)
·
Semi Rigid (W-beam guard rail)
·
Rigid (Beton)
|
|
Flexfence
Wire Rope Safety Barrier
|
|
W-Beam
Safety Barrier
|
Rigit Safety Barrier
|
TUGAS
:
1.
Apa yang dimaksud dengan Manajemen Bahaya Sisi
Jalan?
2.
Berikan contoh beberapa fasilitas yang
berpotensi sebagai bahaya sisi jalan!
3.
Bagaimana cara mengatasi bahaya sisi jalan?
Tugas dikumpulkan lwt email agusbp.undip@gmail.com
pada hari kuliah smp pk. 22.00
absen dan nilai tugas berdasarkan pengumpulan tugas.
Pengumpulan tugas yang paling tepat waktu perkuliahan, sebelum atau sebelum perkuliahan perkuliahan akan mengurangi nilai.
Tugas dikumpulkan lwt email agusbp.undip@gmail.com
pada hari kuliah smp pk. 22.00
absen dan nilai tugas berdasarkan pengumpulan tugas.
Pengumpulan tugas yang paling tepat waktu perkuliahan, sebelum atau sebelum perkuliahan perkuliahan akan mengurangi nilai.
Comments
Post a Comment